Disnakertran Kab Tangerang Latih Ketrampilan Kerja 700 Warga


Sebanyak 700 warga Kabupaten Tangerang dilatih keterampilan kerja oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemerintah Kabupaten Tangerang. Pelatihan ini agar mereka dapat mandiri dan mengurangi tingkat pengangguran.

"Pekerja usia produktif diajarkan berbagai keterampilan supaya dapat diterima pada berbagai perusahaan," kata Kepala Disnakertrans Pemkab Tangerang Syafrudin di Tangerang, Jumat.

Syafrudin mengatakan keterampilan yang diajarkan kepada warga yakni bidang otomotif, garmen, kuliner, tata rambut, las listrik dan karbit.

Namun pelatihan tersebut dilakukan tersebar pada 70 desa karena tiap desa diwakili 10 warga usia produktif yang belum memiliki ketrampilan.

Bahkan upaya tersebut dilakukan perdana di Desa Cisereh, Kecamatan Tigaraksa, berupa keterampilan memotong rambut dan otomotif.

Menurut dia, upaya tersebut agar tenaga produktif tidak menganggur dan dapat ditampung pada beberapa pabrik yang ada.

Belakangan ini sejumlah pimpinan pabrik mengeluh karena warga setempat yang melamar tidak memiliki keterampilan sehingga tidak dapat ditampung.

Oleh karena itu, pimpinan perusahaan melayangkan surat kepada aparat terkait bahwa sebaiknya warga yang melamar memiliki keterampilan.

Dalam pelatihan itu, pihaknya memberikan peralatan secara cuma-cuma dan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Banyak lowongan kerja pada perusahaan di wilayah ini, tapi karena tidak punya ketrampilan, maka yang diterima adalah penduduk dari daerah lain," katanya.

Pada pelatihan otomotif, warga diajarkan oleh mentor untuk dapat memperbaiki sepeda motor yang rusak, minimal mengetahui hal dasar tentang kerusakan kendaraan roda dua.

(Ateng Sanusih/Ida Rosidah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disnakertran Kab Tangerang Latih Ketrampilan Kerja 700 Warga "

Post a Comment