Patricia Wormington Paparkan Neurologic Music Therapy di UPH

Patricia Wormington

KABUPATEN TANGERANG – Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan (UPH) melalui Program Studi Terapi Musik mengadakan sebuah seminar yang begitu membuka wawasan mengenai ‘Neurologic Music Therapy When Music Meets Science’ pada 30 Mei 2016 di MYC UPH Lippo Village, Kabupaten Tangerang.
Melalui seminar ini para partisipan  mendapatkan informasi baru bahwa musik tidak hanya berkaitan dengan aspek emosional, psikologi, namun mengalami perkembangan untuk mencapai orientasi terkait neurologi.
Seminar ini dibawakan oleh Patricia Wormington MMT NMT, seorang musik terapis dan neurologist music therapist berkebangsaan Indonesia yang saat ini berkarir di Amerika Serikat. Patricia menegaskan jika seluruh materi presentasi yang ia bawakan pada seminar ini berasal dari hasil pemikiran  Michael H Thaut, seorang international leader  dalam neuroscience of music dari Colorado State University, Amerika Serikat.
Patricia mengawali seminarnya dengan mengajak para partisipan untuk mengasosiasikan antara lagu yang didengar saat itu dengan perasaan yang dirasakan. Dari aktivitas ini, Patricia menyatakan bahwa musik membawa ekspresi emosi, representasi dari keyakinan, budaya, ide, dan sebagainya.
Patricia Wormington mengajak partisipan seminar untuk melakukan praktek menggunakan instrumen musik
Selanjutnya Patricia mengajak 10 relawan untuk mengambil instrumen musik dan memainkannya sesuai arahan. Melalui praktek ini Patricia menunjukkan melalui musik, perilaku  dan gerakan seseorang dapat dikontrol.
“Teknik ini saya gunakan untuk melatih pasien-pasien yang memiliki kebutuhan khusus, dalam mengontrol diri dan kesulitan fokus,” jelas Patricia saat menjelaskan atraksi yang dimainkan relawan.
Keseluruhan praktek yang ia tunjukkan mengarahkan partisipan untuk menyadari bahwa paradigma musik kini telah bergerak. Tidak hanya mempengaruhi aspek emosi dan psikologi tapi juga berkembang untuk mencapai orientasi neurologi atau berkaitan dengan saraf.
“Musik kini disadari mampu engage dengan otak kita dan mempengaruhi behavior function. Neurologic music therapy atau NMT adalah aplikasi therapeutic dari musik yang dapat dilakukan oleh segala kalangan usia, yang mampu berpengaruh pada kognitif, sensori. NMT ini biasa diberikan kepada seseorang yang mengalami disfungsi motorik karena adanya permasalahan pada sistem saraf manusia,” jelas Patricia.
Dalam seminar ini Patricia membagikan kegunaan NMT yang meliputi tiga aspek pelatihan. Pertama, sensorimotor training berkaitan dengan kemampuan gerak seseorang yang menurun akibat penyakit yang berkaitan dengan saraf seperti parkinson, stroke, dan sebagainya. .
Kedua, NMT digunakan untuk speech and language training yang digunakan bagi seseorang yang memiliki kesulitan dalam berbicara dengan baik. Ketiga, NMT digunakan untuk cognitive training yang meliputi beberapa hal yaitu pelatihan bagi kemampuan fokus dan persepsi, mekanisme terapi, dan pelatihan daya ingat.
Tidak hanya pemaparan yang bermanfaat, Patricia mampu membawakan seminarnya semakin menarik dengan mengajak partisipan langsung melakukan praktek menggunakan instrument musik terkait dengan setiap topik pelatihan yang diberikan.
Seminar yang mendapat respon postif ini dihadiri kurang lebih 50 peserta yang tidak hanya datang dari kalangan internal UPH, melainkan juga dari eksternal UPH, seperti Sekolah Cikal Serpong, Universitas Tarumanegara, TK Al-Azhar, Sekolah Cikal Cilandak, Avila Music School, Global Jaya School, Psikologi Atma Jaya, ACG School Jakarta, Cikal Surabaya,Tiga Generasi, dan Binus School.
Patricia Wormington tidak hanya hadir di  UPH untuk memberikan seminar, ia juga memberikan workshop seputar NMT di Conservatory of Music UPH, khususnya bagi mahasiswa program studi Terapi Musik.
  • Ateng Sanusih/Ida Rosidah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Patricia Wormington Paparkan Neurologic Music Therapy di UPH"

Post a Comment