Masyarakat Benda - Batu Ceper Perkenalkan Silat Beksi Melalui Film Semi Dokumenter




TangerangSatu.com KOTA TANGERANG – Masyarakat Batu Ceper dan Benda patut berbangga hati. Pasalnya di tengah derasnya arus budaya asing mereka sampai kini masih mampu mempertahankan seni dan budaya lokal Betawi. Beragam tradisi dan budaya masyarakat setempat masih terus dilestarikan oleh kaum muda kini.

Silat Beksi adalah satu budaya lokal masyarakat setempat yang kini telah menggaung seantero Nusantara. Haji Marhali, merupakan tokoh legenda Beksi yang tak asing bagi penggiat silat Betawi.

“Bagaimna caranya untuk tidak melupakan sejarah itu dan meneruskan perjuangan serta mengamalkan ilmu para sesepuh Betawi, maka dengan ini kami membuat film pendek berdurasi  30 menit dengan melibatkan para penerus Beksi,” jelas Syaifullah “Kenot” penulis skenario film semi dokumenter tersebut di sela-selat syuting yang dilaksanakan di rumah kebaya milik Ngkong Kibun, Kampung Sawah RT 01/09 Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Minggu 25 Desember 2016.

Sebagai gerbang Indonesia, masyarakat Benda ingin budaya mereka bisa dikenal sampai ke mancanegara. Sehingga kelak Benda menjadi salah satu tempat kunjungan wisata budaya di Kota Tangerang.

“Kami generasi muda di sini ga mao budaya Betawi Benda tergiles oleh asing,” ungkap Kenot. 

  • Ida Rosidah




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masyarakat Benda - Batu Ceper Perkenalkan Silat Beksi Melalui Film Semi Dokumenter"

Post a Comment