20.924 Keluarga Miskin Akan Dapat Uang Tunai PKH

Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Tangerang telah merampungkan tugas validasi Keluarga Sangat Miskin (KSM) pada akhir Oktober kemarin. Dari 29.542 KSM (sumber data Pendataan Program Perlindungan Sosial - PPLS tahun 2011), yang valid sebanyak 20.294 KSM dan mereka akan mendapat bantuan tunai PKH. Sisanya sebanyak 9.248 tidak valid karena mereka ada yang sudah pindah rumah, alamat tidak ditemukan dan sudah tidak ada komponen PKH.


Hal itu ditegaskan Koordinator Pendamping PKH Kota Tangerang, Ahmad Syape'i kepada tangerangsatu.com, kemarin.

Dijelaskannya PKH adalah program dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). PKH merupakan perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada KSM, selama keluarga tersebut memenuhi kewajibannya. 

PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.

"PKH diharapkan dapat mengubah perilaku KSM untuk memeriksakan ibu hamil/nifas/Balita ke fasilitas kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan. Dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi," jelas Ahmad Syape'i.
Lebih lanjut ia menguraikan, pesrta PKH berhak mendapat bantuan tunai sesuai persyaratan yakni bantuan tetap Rp 500.000. Bagi ibu hamil/nifas/menyusui/anak usia di bawah 6 tahun mendapat bantuan Rp 1.000.000 per tahun. Anak SD sederajat menerima bantuan Rp 450.000 per tahun. Anak SMP sederajat Rp 750.000 per tahun. Anak SMA sederajat Rp 1.000.000 per tahun. 
"Pencarian dana bantuan itu dalam setahun dibagi empat kali pencairan," jelasnya
Dikatakannya, data realitas di lapangan, mereka yang secara syarat PKH sudah layak dapat bantuan, namun karena namanya tidak terdaftar dalam data PPLS sehingga pendamping PKH tidak berwenang untuk memasukkan ke dalam program PKH.
"Kisaran Desember, uang bantuan PKH di Kota Tangerang akan cair sekaligus empat tahap melalui kantor pos," jelas Ahmad Syape'i.
  • Ateng Sanusih | Ida Rosidah 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20.924 Keluarga Miskin Akan Dapat Uang Tunai PKH"

Post a Comment