Lima Kegiatan Besar akan Dilaksanakan KPU di Agustus



Rapat Koordinasi: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat koordinasi perdana dengan Panitia Pemilihan Kecamatan membahas lima kegiatan besar yang akan dilaksanakan pada Agustus 2016, di gedung KPU Jl Nyi Mas Melati No 16, Kamis petang 28 Juli 2016.


TangerangSatu.com KOTA TANGERANG – Pasca pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 15 Juli lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat koordinasi (Rakor) perdana dengan PPK se-Kota Tangerang, Kamis petang 28 Juli 2016 di ruang rapat gedung KPU, Jl Nyi Mas Melati No 16.
Pada Rakor tersebut, KPU Kota Tangerang mengundang semua ketua PPK dan satu orang anggota. Rapat koordinasi itu membahas pemantapan kegiatan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017. Semua komisioner - Sanusi, Banani Bahrul, Wahyul Furqon, A Syailendra dan Nurhalim - masing-masing memaparkan mengenai tahapan Pilkada kurun Agustus mendatang.
Pemantapan kegiatan tahapan itu meliputi antara lain, Launching Pilgub Banten 2017 yang diagendakan pada 3 Agustus 2016, BimbinganTeknis (Bimtek) Pencalonan tingkat KPU dan PPK yang akan dilaksanakan kurun 5-19 Agustus 2016, perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan juga teknis pemutakhiran data pemilih.
“Sedikitnya ada lima kegiatan besar yang akan dilaksanakan oleh KPU beserta jajarannya di Kota Tangerang pada bulan Agustus 2016 ini. Launching Pilgub Banten, Bimtek Pencalonan, Rekrutmen PPDP, Pemutakhiran Data dan juga Rekrutmen Relawan Demokrasi,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.
Terkait dengan Launching Pilgub Banten 2017, papar Sanusi, akan dilaksanakan pada 3 Agustus 2016 dengan melibatkan seluruh komisioner KPU dan juga anggota PPK se Banten.
“Semua anggota PPK akan kami libatkan dalam kegiatan ini. Tanpa terkecuali,” kata pria yang akrab disapa Pane ini.
Selain itu, kata Sanusi, hal krusial lain yang akan dilaksanakan di tingkat PPK dan PPS adalah tentang penguatan pengetahuan tentang pencalonan. Khususnya pencalonan dari calon perseorangan.
“Banyak aturan baru dalam proses verifikasi calon perseorangan kali ini. Di antaranya soal verifikasi faktual yang harus dilakukan secara sensus. Makanya, kami akan segera Bimtek para PPK dan PPS di bulan Agustus ini,” bebernya.
Kaitan dengan rekrutmen PPDP, tidak lepas dari akan masuknya proses pemutakhiran data pemilih untuk Pilgub Banten 2017. Makanya, selain akan dilaksanakan Bimtek tentang data pemilih juga akan dibuka rekrutmen PPDP oleh PPS dalam kurun Agustus atau September mendatang.
“Semua langkah ini semata-mata untuk penguatan tahapan Pilgub Banten dan agar semua tahapan berjalan mulus sesuai dengan PKPU 03 Tahun 2016 yang diterbitkan KPU RI,” pungkasnya.

  • Ateng Sanusih/Ida Rosidah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Kegiatan Besar akan Dilaksanakan KPU di Agustus"

Post a Comment