Teluk Kiluan, Salah Satu Pesona Alam Indonesia Terindah

Teluk Kiluan merupakan destinasi wisata yang belum banyak dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Walaupun keindahannya tidak kalah dengan pesona wisata alam di daerah lainnya di Indonesia. Teluk Kiluan memiliki beberapa spot yang menarik untuk kita kunjungi di masa liburan.

Teluk Kiluan terletak di terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Teluk Kiluan berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Teluk Kiluan merupakan tempat migrasi bagi sekumpulan ikan lumba-lumba berjenis mulut botol.

Akses Menuju Teluk Kiluan
Akses menuju Teluk Kiluan dari Jakarta, bisa melalui jalur darat melalui pelabuhan Merak, kemudian menyeberang menggunakan kapal Ferry ke Bakauheuni. Dilanjutkan dengan menggunakan angkutan darat dari Bakauheuni ke Bandar Lampung. Kemudian dari Bandar Lampung menuju Teluk Kiluan melalui Teluk Betung. Selain itu anda bisa menggunakan pesawat terbang dari Cengkareng menuju Bandar Lampung. Anda bisa membeli tiket pesawat di Airpaz. Ada banyak maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta ke Bandar Lampung seperti Lion Air, Sriwijaya Air, NAM, dan Wings Air.

Perjalanan ke Teluk Kiluan dari Bandar Lampung bisa ditempuh antara 3 - 4 jam. Walaupun sebenarnya jarak antara Bandar Lampung ke Teluk Kiluan hanya 80 KM. Tetapi jalan menuju Teluk Kiluan tidak semuanya mulus, banyak di beberapa titik jalan yang sudah rusak, berliku, dan turun naik bukit. Sepanjang perjalanan anda akan bisa menikmati keindahan alam yang masih alami seperti persawahan, kampung transmigran, perbukitan, dan perkebunan. Sehingga akan lengkap jika anda melakukan perjalanan dari Bandar Lampung ke Teluk Kiluan dengan santai, tanpa harus terburu-buru apalagi kebut-kebutan bagi yang membawa kendaraan sendiri.

Spot Wisata Teluk Kiluan
Spot Wisata Teluk Kiluan terdiri dari wisata lumba-lumba, tracking pantai laguna, dan senorkeling. Wisata Lumba-lumba bisa anda nikmati mulai dari jam 06.00 wib sampai dengan jam 09.00 wib dengan menggunakan perahu yang berpenumpang 3 orang plus 1 orang pengemudi perahu. Anda bisa menikmati tontonan di tengah lautan bagaimana lumba-lumba melompat ke atas permukaan air. 

Spot tracking ke pantai Laguna bisa anda tempuh dengan berjalan kaki sejauh 700 Meter dari pantai dengan menaiki bukit setinggi 300 meter dan turun langsung ke pantai Laguna. Keindahan pantai Laguna dengan gelombang yang cukup lumayan besar membuat kita tidak bisa berenang. Namun anda bisa berenang di sisi kanan pantai yang bertebing dengan bebatuan karang yang melingkar. Sehingga di tengah karang melingkar anda bisa bermain di air laut tanpa khawatir di terpa gelombang yang besar.

Spot Senorkeling bisa anda lakukan di pulau Kelapa yang jaraknya hanya 300 meter dari dermaga tempat bersandarnya perahu-perahu wisata yang sengaja disediakan para operator tour di Teluk Kiluan beserta perlengkapan senorkeling disediakan oleh tour operator. Jarak tempuh dari dermaga ke Pulau Kelapa hanya 10 menit perjalanan dengan perahu motor. Akan banyak anda temukan species ikan-ikan laut yang indah walau di pinggiran pantai pulau Kelapa.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teluk Kiluan, Salah Satu Pesona Alam Indonesia Terindah"

Post a Comment