Zaki Dukung Pengembangan Kota Baru Publik Maja



Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar

TangerangSatu.com  KABUPATEN TANGERANG – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut baik dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang percepatan pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat dalam rangka pengembangan Kota Baru Publik Maja. Dukungan ini diimplmentasikan dengan ikut menandatangani kesepakatan tersebut.
"Kami sangat mendukung dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama ini, guna mendukung pembangunan infrastruktur bidang PUPR di kawasan kota baru publik Maja," ujar Zaki, Rabu lalu.
Zaki juga mengatakan, Kabupaten Tangerang dalam hal ini akan dilalui jalan menuju kawasan Kota Baru Publik Maja, terutama di wilayah perbatasan, yaitu di Kecamatan Solear. Ia mengakui, secara keseluruhan, kawasan Maja dianggap layak untuk dijadikan lokus pembangunan rumah bagi MBR di dalam lingkup Kota Baru Publik Maja, yang inklusif mengingat kawasan metropolitan Jabodetabek.
Himawan Arief Sugoto selaku Direktur Utama Perumnas menyatakan, pihaknya siap untuk mengembangkan kawasan Kota Publik Maja. Pihak Perumnas, kata Arief,  telah menyiapakan 319 hektar lahan, untuk dapat segera dikembangkan dan dibangun, guna mempercepat penyedian hunian publik di wilayah Maja.
Dengan konsep Smart-Green and Inclusive City yang diusung, kata Arief, Kota Baru Publik Maja direncanakan untuk dihuni sekitar 1,5 juta penduduk pada tahun 2035. Pengembangannya akan menerapkan transit oriented development (TOD) yang sejalan dengan pengembangan jalur rel ganda kereta api Maja – Rangkasbitung - Merak, serta jalan akses baru ke Maja dari Pamulang melalui peningkatan jalan eksisting sepanjang ±21,61 km dan pembangunan jalan baru ±36,74 km. Kota Baru Publik Maja juga dikembangkan dengan basis ekonomi dan mendukung kawasan industri (Balaraja, Cikupa, Jayanti, dan Cikande) serta kawasan agro industri.
Dikatakannya, para kepala daerah, baik gubernur Banten maupun kepala daerah penyangga di sekitarnya akan mengawal koordinasi dan penetapan lokasi ruas jalan akses Maja, baik pembebasan lahan, perizinan, pengendalian dan pengawasan penyediaan rumah bagi MBR bersubsidi dengan pola hunian berimbang.
  •  Ateng Sanusih/Ida Rosidah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zaki Dukung Pengembangan Kota Baru Publik Maja"

Post a Comment