TangerangSatu.Com TANGERANG SELATAN – Sebanyak 60 Industri Kecil
dan Menengah (IKM) di Kota Tangerang Selatan diberikan pembinaan tentang desain
stiker kemasan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kota
Tangerang Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Kemangi, Serpong, kemarin.
Kepala
Bidang Perindustrian pada Disperindag Kota Tangerang Selatan Fery Payacun,
mengatakan bahwa pihaknya memberikan pembinaan sekaligus pelatihan ini agar
para IKM bisa membuat desain kemasan produknya dengan menarik. Hal ini sangat
berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.
“Dengan
kemasan yang menarik tentunya akan banyak konsumen yang membeli. Karena untuk
membeli suatu barang, konsumen pasti pertama kali melihat kemasannya. Jika
dikemas secara baik dan berstandar pasti akan laku terjual,” katanya.
Selain
itu, tujuan pembinaan kemasan ini agar para IKM bisa memasukkan produknya ke
pasar yang lebih luas lagi, seperti swalayan maupun supermarket hingga ekspor
ke luar negeri. Karena untuk memastikan produknya aman maka perlu kemasan yang
baik untuk membungkusnya.
“Beberapa
IKM Kota Tangsel sudah ada yang berhasil masuk ke supermarket karena memiliki
kemasan yang cukup menarik sesuai dengan kriteria. Produk-produk tersebut
berupa Quantum madu pahit, Rendang, Sambel, Jahe merah, krupuk, Bir Pletok produksi
Bay Jay, Nani’s Sambel Ekalang dan lainnya,” ungkapnya.
Sementara,
Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa kegiatan ini
jangan dijadikan simbolis dan seremonial saja, melainkan harus menghasilkan
dampak untuk masyarakat, yakni menambah nilai ekonomi mereka.
“Saya
ingin dengan adanya pembinaan ini para IKM bisa mandiri untuk mencari
penghasilan, agar kesejahteraanya bisa lebih baik lagi. Sehingga pengentasan
kemiskinan pun terwujudkan,” harap Airin.
Walikota
Airin juga menyarankan agar diadakan evaluasi secara berkala sekaligu
pendataan, apa saja hasil dari pembinaan yang telah dilakukan. Disperindag
harus selalu mengawasi peserta IKM hingga memiliki hasil yang maksimal.
Diharapkan nantinya bisa ada pelatihan berkelanjutan.
“Dengan
kemasan yang menarik dan bagus, menjadi daya tarik bagi orang yang melihat
kemudian membeli. Namun tak kalah penting isi dalam kemasan juga harus sesuai
dengan kemasan yang bagus sehingga penjualan akan berkelanjutan,” kata Airin.
- Ida Rosidah/Ateng Sanusih
0 Response to "IKM Dilatih Membuat Kemasan Produk Menarik"
Post a Comment