Kapolda Metro Himbau Buruh Untuk Tertib Dalam Sampaikan Aspirasinya

Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan ekstra ketat untuk mengawal aksi unjuk rasa massa buruh, Rabu, 1 September besok. Objek vital hingga rute massa akan dijaga aparat polisi agar kepentingan masyarakat lainnya tidak terganggu.

"Kami dari polisi akan melakukan pengamanan ekstra ketat. Saya perintahkan polisi se-Jakarta untuk siap mengamankan dan menertibkan penyampaian pendapat di muka umum dari teman-teman buruh ini," kata Kapolda Irjen Pol Tito Karnavian kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin(31/8/2015).

Kapolda menjamin pelaksanaan unjuk rasa yang mengerahkan massa buruh secara besar-besaran ini akan berlangsung tertib dan aman. Untuk itu, mantan Kapolda Papua ini meminta masyarakat untuk tidak cemas dan tetap melakukan aktivitasnya sehari-hari tanpa rasa was-was.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, silakan lakukan kegiatan dengan tenang," imbuhnya.

Kapolda juga meminta massa buruh untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam aksi penyampaian pendapat di muka umum. Meski massa bebas untuk menyampaikan pendapat di muka umum, namun bukan berarti massa bisa sewenang-wenang.

"Perlu diingat arti penyampaian pendapat di muka umum ini. Penyampaian pendapat bukan untuk melakukan penekanan, oleh karena itu ada batasan-batasan yang diatur PBB maupun UU kita, di antaranya tidak mengganngu ketertiban, national security, public health dan lainnnya," paparnya.

Untuk meyakinkan pelaksanaan demo berlangsung tertib, Polda Metro Jaya telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan massa elemen buruh dari KSPI, KSPSI dan KSBI serta yang lainnya. Pihak Polda Metro Jaya menekankan beberapa hal kepada massa buruh agar senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan.

"Oleh karena itu, kami dari kepolisian melakukan koordinasi agar penyampaian pendapat ini berlangsung tertib dan lancar dan dilaksanakan dengan tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya. Ini sudah dirapatkan berkali-kali dan pernah dipertemukan dengan stakeholder yang dituju, seperti Kemenakertrans dan lain-lain," urainya.

Dari hasil rapat koordinasi antar-stakeholder ini, seluruh pihak memiliki kesamaan visi yakni terciptanya keamanan dan ketertiban selama aksi berlangsung. Kapolda berharap agar seluruh elemen massa memahai dan melaksanakan hal itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapolda Metro Himbau Buruh Untuk Tertib Dalam Sampaikan Aspirasinya"

Post a Comment