Naikan Anggran Pendidikan, Arief Ingin Warganya Jadi Tuan Rumah DiKotanya Sendiri


Sektor pendidikan bersama kes ehatan dan infrastruktur menjadi perhatian utama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Dengan anggaran yang mencapai hampir Rp 1,2 Triliyun Pemkot Tangerang ingin menginvestasikan untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM). 

"Kita ingin berinvestasi jangka panjang melalui pendidikan," tegas Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Dijelaskannya, Kota Tangerang dengan sumber daya alam yang terbatas membuat pemerintah harus berfikir kreatif dalam menentukan arah pembangunan. Jumlah penduduk mencapai 1,8 juta jviwa harus bisa dimaksimalkan untuk mewujudkan kota ini  yang maju dan dinamis sebagaimana visi Kota Tangerang 2014-2018.

"Anggaran pendidikan kita mencapai Rp 1,2 triliun, dua kali lipat anggaran tahun 2013. Itu belum termasuk pembangunan fisik sekolah," jelas Arief.


Terkait pembangunan fisik sekolah, pada tahun 2015 Pemkot Tangerang melakukan pembangunan sembilan gedung SD, enam gedung SMP dan lima SMA/SMK serta 1 satu oerpustakaan dengan total biaya mencapai lebih dari Rp 53 milyar.
"Itu semua untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita," paparnya.

Terkait kualitas SDM masyarakat Kota Tangerang, walikota menceritakan pengalamannya ketika bertemu dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II.

"Beliau nanya ke saya, apa yang saya bisa bantu Pak Wali?," ungkap Arief  menirukan ucapan Dirut AP II.

"Saya butuh pekerjaan buat warga saya, jawaban saya waktu itu," sambungnya lagi.

"Direkturpun menyanggupi itu, sambil bilang asal kualifikasinya memenuhi standar kita pak," ucapnya menirukan jawaban Dirut AP II.

"Apa sih kualifikasinya? Dia menjelaskan bahwa yang dibutuhkan adalah orang yang cakap bahasa Inggrisnya, yang ramah dan ulet, tapi kebanyakan warga kita kan baru kerja sebulan sudah mengundurkan diri, capek katanya," tuturnya.

Oleh karenanya, sambung walikota, Pemkot dengan program Tangerang Cerdas ingin menjadikan warga Kota Tangerang sebagai pribadi yang ulet dan punya kompetensi sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

"Kita harus menjadi tuan rumah di kota kita sendiri," pungkasnya.

(Ateng Sanusih/Ida Rosidah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Naikan Anggran Pendidikan, Arief Ingin Warganya Jadi Tuan Rumah DiKotanya Sendiri"

Post a Comment