WH Janji Kawal Tenaga K2 Jadi PNS


Demontrasi guru honorer pada Selasa, 15 September 2015 membuahkan hasil yang positif. DPR dan pemerintah sepakat, sisa tenaga kerja honorer kategori dua (K2) sebanyak 439.056 orang akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

"Sejak awal kami mendesak agar MenPAN RB memperjelas status mereka. Keringat dan pengabdian mereka harus diapresiasi oleh negara yaitu dengan diangkat menjadi PNS walaupun secara bertahap, paling lambat tahun 2019. Dalam setahun minimal 100 ribuan (honorer)," tegas Wakil Ketua Komisi II DPR RI, DR Wahidin Halim, MSi saat setelah menerima aspirasi para guru honorer K2 di ruang KK3 DPR.

Menurut mantan Walikota Tangerang yang biasa disapa WH, alasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) belum bisa mengangkat para K2 menjadi PNS karena faktor anggaran.
Namun dalam pembicaraan dengan kementerian akhirnya disepakati untuk menjadikan semua sisa tenaga kerja honorer K2 dapat dianglat sebagai PNS.

"Nanti itu akan dilakukan secara bertahap selama empat tahun mulai 2016, 2017, 2018, 2019," kata WH.
Dia menjelaskan, alasan di balik naiknya status K2 menjadi PNS, salah satunya karena mereka banyak yang mengabdikan diri selama 20 tahun sampai 30 tahun.

“Sebagai anak guru, saya ikut merasakan betul bagaimana kondisi ekonomi mereka sehari-hari, makanya sampai dengan 2019 kebijakan ini akan kami kawal benar-benar di Komisi II," tegas WH.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada tahun 2016 sudah mulai pengangkatan, yang rencananya seratus ribuan orang per tahun agar sesuai kekuatan anggaran.

Sebelumnya, kata WH, anggaran yang diperkirakan kementerian adalah Rp34 miliar. Namun DPR menaksir anggaran kemungkinan tak sampai Rp12 miliar per tahun.

Sebanyak 439.056 tenaga honorer K2 itu terdiri dari bidan, guru, penjaga sekolah, dan lain-lain. Jumlah itu diperkirakan berkurang karena, misalnya, yang meninggal dunia atau mengundurkan diri.

WH meminta, proses itu dilakukan kementerian dan lembaga independen. Pasalnya, sebagian besar tenaga honorer tersebut tak punya akses di pemerintahan daerah.

(Ida Rosidah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WH Janji Kawal Tenaga K2 Jadi PNS "

Post a Comment