Terkendala Pembebasan Lahan, Sejumlah Proyek Unggulan Di Tangsel Terancam Mangkrak

Pemkot Tangsel beralasan tidak terpenuhinya target pembangunan insfrastruktur yang tertuang dalam APBD disebabkan oleh sulitnya membebaskan lahan, sehingga beberapa proyek unggulan sampai saat ini belum terselesaikan.

“ Banyak kendala di lapangan terkait lahannya “ kata wakil walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, Senin (31/8)

Ia mencontohkan pembebasan lahan untuk perluasan lahan Tempat Pengelolaan Akhir Sampah Cipecang yang hingga kini belum tuntas, meski sudah di mulai sejak tahun anggaran 2012 dengan anggaran 35 milyar rupiah.

“ Target perluasan TPA Cipecang  seluas 10 hektare belum tercapai, baru 5,5 hektar yang bisa di bebaskan “ ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pekerjaan Umum Tangerang Selatan Retno Prawati menyebutkan, sejumlah proyek yang molor di antaranya pelebaran Jalan Ciater-Maruga sepanjang 6 kilometer.  Saat ini, jalan yang menghubungkan Ciputat-Serpong itu tersisa 150 meter yang belum bisa dibebaskan. "Karena status lahannya sengketa," ujar Retno Prawati.

Sehingga proyek jalan yang dilebarkan 24 meter dan dibuat dua lajur ini menyempit di titik pertigaan menjelang Ciater. "Memang ini cukup menganggu, tapi kami terus mengupayakan agar masalah lahan ini selesai tahun ini," kata Retno.


Begitu juga dengan proyek pelebaran jalan Siliwangi sepanjang 10 kilometer. Proyek rehabilitasi jalan provinsi ini sudah terkatung katung sejak beberapa tahun lalu dan tak kunjung rampung.

Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Percepatan Pembangunan Tangerang (LP3T) Kamil Herdiana, ST menyayangkan tidak berhasilnya Pemkot Tangsel dalam membebaskan lahan. Padahal menurutnya dengan adanya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, maka pembebasan lahan untuk kepentingan umm tidak akan menjadi kendala

" UU No. 2 Tahun 2012 adalah solosi bagi pemerintah untuk mendapatkan lahan untuk kepentingan umum " pungkasnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terkendala Pembebasan Lahan, Sejumlah Proyek Unggulan Di Tangsel Terancam Mangkrak"

Post a Comment