Amazing, Kab Tangerang Terpilih Sebagai Percontohan Pusat Pengembangan Usaha


Pemerintah Kabupaten Tangerang terpilih sebagai proyek percontohan pusat pengembangan usaha - bussines development centre (BDC) - dari 100 kabupaten/kota se-Indonesia. Menindaklanjuti hal tersebut Kementerian PU Pera melalui Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Penataan Bangunan (PKP2B ) Banten menggelar kegiatan lokakarya di Curug, Kabupaten Tangerang, kemarin.

Kepala Bidang Masyarakat Kabupaten Tangerang, Evi Indarti menyampaikan laporannya program pengembangan BDC merupakan proses pengembangan dari program P2KP, dan PNPM Mandiri.

Adapun pembentukan kelembagaan BDC dan struktur Komite BDC akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati/Walikota berdasarkan usulan dari forum masyarakat kota yang terdiri dari forum BKM Kota, perwakilan KSM, SKPD terkait, pemberdayaan UMKM, koperasi, perguruan tinggi, LSM, dunia usaha, lembaga keuangan bank dan non bank, BUMN/BUMD dan sejenisnya yang mendukung pengembangan usaha mikro dan produk unggulan daerah.
Pemerintah Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan BDC. Perwakilan Satker 

Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Penataan Bangunan (PKP2B) Catur Wahyudi mengatakan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat miskin telah dilakukan melalui program penanggulangan kemiskinan yaitu BDC.

"BDC bagian dari program lanjutan PNPM Mandiri perkotaan dan P2KP. Pada kesempatan ini telah diseleksi dari 100 Kabupaten/Kota se-Indonesia Kabupaten Tangerang terpilih menjadi percontohan BDC. Kabupaten Tangerang terpilih dalam program ini merupakan suatu prestasi, karena telah melalui proses seleksi yang panjang dan ketat oleh kementrian, karena Kabupaten Tangerang layak dan tepat menjadi pilot project,“ ungkap Catur.

Sementara itu Wakil Bupati Tangerang, Hermansyah menyampaikan dalam sambutannya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD ) Kabupaten Tangerang sudah memasuki pada sasaran pembangunan ekonomi masyarakat dengan melalui penguatan infrastruktur serta meneruskan peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang pada hakekatnya tujuan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) perkotaan atau yang pada saat ini berganti menjadi program peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman (P2KP) secara bertahap pendekatannya bergeser dari peemberdayaan komunitas menjadi pemberdayaan ekonomi.

Dari sisi aspek ekonomi telah secara memfasilitasi peningkatan pendapatan masyarakat dengan pengembangan usaha mikro kecil.

“Dalam rangka penyamaan presepsi dan memperoleh komitmen seluruh stakeholder, saya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Tangerang sebagai Pilot Project Bussines Development Centre, serta diharapkan kegiatan ini mampu mendukung masyarakat dalam percepatan pembangunan peningkatan usaha di bidang ekonomi,” ucap Hermansyah.

® Ateng Sanusih/Ida Rosidah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amazing, Kab Tangerang Terpilih Sebagai Percontohan Pusat Pengembangan Usaha"

Post a Comment