Pemkab Tangerang Rehab 1.000 Rumah Melalui Program Gebrak Pakumis


Sebanyak 1.000 unit rumah padat kumuh akan dibangun Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun 2015 ini melalui Program Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis) untuk mengatasi pemumikan kumuh dan masyarakat miskin di 10 kecamatan.
Kecematan yang dimaksud yakni Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan Timur, Kronjo, Mekar Baru, Sukamulya, Gunung Kaler, Jambe, Tigaraksa dan Kemiri.

Sasaran dari program tersebut adalah kawasan permukiman kumuh seperti rumah tidak layak huni, prasarana sarana dan utilitas  buruk dan kurang memadai yang berdampak pada rendahnya tingkat kesehatan lingkungan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang, Hery Haryanto mengatakan, rumah yang akan dibangun dari semi permanen menjadi permanen.

Ketua UPK Kecamatan Teluknaga H Abi Sanjaya menambahkan dalam program Pakumis ini fokus utama peningkatan kualitas rumah tidak layak huni dan penataan kawasan kumuh.

“Masih banyak rumah padat kumuh dan padat di wilayah Teluknaga. Dengan adanyan program ini akan banyak membantu kualitas rumah layak huni masyarakat di Teluknaga,” kata Abi

Tahun ini Kecamatan Teluknaga mendapatkan perbaikan 148 unit rumah padat kumuh miskin atau kelompok penerima manfaat (KPM), tersebar di empat desa yaitu Desa Lemo 44 KPM, Desa Muara 62 KPM, Desa Tegal Angus 20 KPM, dan Desa Babakan Asam 22 KPM.

“Kalau untuk Desa Lemo ada 44 KPM, ada di RT 04 sebanyak 22 KPM, dan RT 03 sebanyak 22 KPM,” kata Abi.

Selain rumah yang diperbaiki, ada juga perbaikan saluran air lingkungan, MCK, perbaikan jalan lingkungan atau pavingblok dan juga program listtrik masuk desa atau Desa Terang Benerang di lingkungan yang akan dibangun rumah layak huni.

® Ateng Sanusih/Ida Rosidah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Tangerang Rehab 1.000 Rumah Melalui Program Gebrak Pakumis"

Post a Comment