Penyuluhan Keamanan Pangan Untuk Wujudkan Tangerang Sehat


Langkah awal untuk mewujudkan Kota Tangerang Sehat salah satunya direpresentasikan melalui kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan dalam Rangka Pembentukan Inspektur Pangan Cilik Sekolah Dasar (SD) yang digelar di Ruang Akhlakul Karimah, kemarin.

Ke depan, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menginstruksikan seluruh institusi pendidikan dapat menyediakan kantin sehat sehingga makanan serta minuman yang dikonsumsi dapat terjamin dari sisi kesehatan dan kebersihannya.

"Makanan yang dikonsumsi anak-anak harus memiliki kandungan gizi yang baik bagi tumbuh kembangnya apalagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, harus kita kasih asupan makanan yang sehat supaya menjadi generasi yang sehat dan cerdas," papar Arief.

Ia minta kantin sehat juga tak hanya dikembangkan di lingkup SD akan tetapi SMP, SMA/K hingga perguruan tinggi yang ada di wilayah Kota Tangerang juga turut mengembangkan kantin sehat.
"Siapkan surat edarannya dan tahun depan anggarkan untuk bangun kantin sehat," instruksinya kepada Kepala Dinas Kesehatan.

Sementara itu, terkait Inspektur Pangan Cilik, Walikota Tangerang sangat mendukung dengan hadirnya Inspektur Pangan Cilik Sekolah Dasar (SD) yang telah terbentuk sejak Tahun 2013 ini karena selain sebagai wadah yang dapat memberikan wawasan pengetahuan kepada siswa-siswi SD mengenai implementasi keamanan pangan dan prinsip higiene sanitasi, mereka juga turut diberikan pemahaman terkait pola hidup bersih dan sehat sejak dini.

Menurut Arief, Dinas Kesehatan melalui para tenaga pengawas pangan atau Food Inspector-nya selama ini telah melakukan pengawasan pangan sehingga diharapkan makanan yang beredar di masyarakat akan senantiasa terjamin dari segi kualitas kesehatannya. Oleh karena itu, Pemkot Tangerang akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan karena ini sebagai bentuk pemenuhan hak dasar masyarakat dalam memperoleh makanan dan minuman yang berkualitas gizi yang baik  terutama jajanan yang ada di sekolahan. Salah satunya dengan turut melibatkan para Inspektur Pangan Cilik ini.

Dengan adanya penyuluhan Keamanan Pangan dalam Rangka Pembentukan Inspektur Pangan Cilik SD ini, Walikota berharap akan menjadikan anak-anak di Kota Tangerang semakin cerdas dalam memilih asupan makanan yang sehat bagi mereka dan melalui merekalah kita ingin bangun kesadaran berkonsumsi makanan sehat sejak dini. Mereka bisa menjadi contoh serta pemberi informasi yang baik bagi rekannya yang lain untuk dapat membiasakan diri bergaya hidup sehat melalui pemilihan jajanan yang tak hanya mengenyangkan akan tetapi menyehatkan. 

"Ingatkan teman-teman lainnya agar tidak jajan sembarangan. Kalau anak-anak sehat, insyaallah mereka juga akan menjadi generasi cerdas yang dapat turut memberikan kontribusi positif terhadap perwujudan pembangunan Kota Tangerang yang sehat serta bersih di masa yang akan datang," pesan Walikota dihadapan 64 peserta yang mewakili 32 SD yang ada di lingkup Kota Tangerang. 

Dalam kegiatan ini, Dinas Kesehatan juga turut mengundang Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), Kepala BPOM Serang dan Kota Tangerang untuk dapat berbagi ilmu pengetahuan kepada siswa-siswi SD di Kota Tangerang.

® Ateng Sanusih/Ida Rosidah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyuluhan Keamanan Pangan Untuk Wujudkan Tangerang Sehat"

Post a Comment