TRUTH Minta Masyarakat Awasi PPDB


SUHENDAR

TangerangSatu.com KOTA TANGERANG SELATAN – Temuan-temuan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2015 telah memberika pelajaran bahwa banyak penyelewengan yang terjadi, diawali dari seleksi masuk yang tidak sesuai ketentuan, titip menitip kursi peserta, suap, hingga pemerasan: pungutan liar, baik saat mendaftar maupun proses daftar ulang (sekolah memberikan biaya-biaya tidak rasional yang seharusnya biaya tersebut telah ditanggung oleh Bantuan Operasional Sekolah/BOS.

Ketua Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH), Suhendar menegaskan hal itu kepada www.tangerangsatu.com, semalam 21 Juni 2016.
Dikatakannya, pendidikan adalah hak dasar bagi setiap warga negara dan pemerintah, termasuk pemerintah daerah sebagai penjamin hak tersebut agar dapat terpenuhi secara terbuka dan adil.
Pada tahun ini, ungkap Suhendar gejala itu muncul kembali dengan adanya pengaduan dari orang tua calon peserta didik.
“Oleh karenanya, atas dasar hal tersebut kami membuka layanan pengaduan Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2016 ini, kata Suhendar.
Untuk itu, pihaknya mengajak agar semua masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan bila ditemukan penyimpangan. Karena perbaikan kualitas PPDB hanya bisa terjadi jika masyarakat terlibat secara aktif berpatisipasi mengawasi dan melaporkannya.
“Harapannya tentu saja, perbaikan terhadap PPDB dari segala bentuk penyimpangan: ketertutupan dan ketidakadilan, sehingga hak atas pendidikan dapat diakses secara objektif, berkeadilan dan transparan serta bebas dari komersialisasi oknum tertentu,” jelas Suhendar.
Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) bersama Ikatan Alumni Sekolah Antikorupsi (IKA Sakti) Tangerang dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Pamulang akan memantau terus proses PPDB
Bila ada temuan, lanjut Sunedar, segera laporkan kepada Jupri N No telp 085780290518  dan Oki Anda di 083895396485.

  • Ateng Sanusih/Ida Rosidah



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TRUTH Minta Masyarakat Awasi PPDB"

Post a Comment