Menjaga Kekhusukan Idul Adha , DKPP Tangerang Periksa Hewan Qurban

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Tangerang bakal melakukan pemeriksaan terhadap  pedagang hewan kurban, dimana para pedagang harus dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan. 

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi terjadinya berbagai macam penyakit yang dapat menyerang hewan kurban.

Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan pada Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Tangerang, Ibnu Arifyanto mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Adha seperti biasa banyak sekali para pedagang hewan kurban yang datang dari berbagai daerah untuk menjual hewan kurbannya. Untuk itu, pihaknya telah membentuk tim yang akan melakukan pengecekan hewan kurban diseluruh lapak penjual maupun yang ada di masjid untuk memastikan hewan yang diperjual belikan sesuai dengan syariat islam dan bebas dari penyakit.

"Hewan  yang dijualbelikan dipastikan memiliki surat keterangan kesehatan hewan, khususnya yang berasal dari daerah lain untuk memastikan bebas dari penyakit," ujar Ibnu.


Dikatakan Ibnu, nantinya lapak penjual hewan kurban yang telah diperiksa akan diberikan stiker yang menandakan telah diperiksanya hewan kurban tersebut, serta memberikan catatan apabila terdapat pelanggaran yang ditemukan pada saat pemeriksaan.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat yang hendak membeli hewan kurban, untuk menanyakan terlebih dahulu surat keterangan hewan dan stiker tanda telah diperiksanya oleh Pemkot Tangerang,” katanya.

Sementara itu, Komisi Fatwa MUI Kota Tangerang, Hambali Isman menerangkan, jika pengawasan distribusi hewan kurban tentunya bakal memberikan kenyamanan kepada khalayak luas. Sebab, untuk membeli hewan kurban harus diperhatikan kesehatannya dan sesuai dengan syariat islam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjaga Kekhusukan Idul Adha , DKPP Tangerang Periksa Hewan Qurban"

Post a Comment