Konsep Smart City Di Tangsel Mendekati Kenyataan

Angan-angan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) untuk menerapkan konsep 'Smart City' tampaknya semakin mendekati kenyataan. Ini setelah pemerintah daerah membangun kerjasama dengan kelompok infrastruktur swasta, Prima Infra Limited.

Nantinya, proyek 'Smart City' ini akan didukung sejumlah perusahaan teknologi ternama. Antara lain Google, Lenuvo, IBM, Cisco, Cloud serta sejumlah perusahaan lain.

"Pendekatan kami, adalah melalui teknologi digital atau teknologi informasi dan komunikasi," kata CEO Prima Infra Limited, Nicolas Jenik saat memaparkan program 'Smart City' di salah satu hotel kawasan Serpong.

Bagi pemerintah daerah, konsep ini bakal memiliki manfaat luar biasa. Nantinya, pemerintah daerah bakal mempunya Smart Platform (platform pintar), sebagai dasar untuk membangun e-Data Center.

"e-Data Center inilah nantinya yang akan memberikan informasi cerdas, cepat, tanggap serta memfasilitasi perusahaan maupun individu. Ini akan mengubah sistem informasi yang sebelumnya disajikan secara manual," jelas Jenik.

Melalui konsep seperti itu, diyakini Jenik bakal mampu meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan. Selain itu, mampu menekan biaya dan konsumsi sumber daya, lantaran penyampaian informasi langsung bisa diakses lewat layanan perangkat lunak.

"Kami yakini Smart City untuk membantu negara-negara berkembang terutama dalam menyediakan infrastruktur penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tandasnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan proyek tersebut bakal secepatnya dilaksanakan. Sesuai time table yang sudah disepakati, pelaksanaannya dibawah satu tahun.

"Nanti akan dibentuk tim kecil untuk pembahasan lanjutan. Kamis (besok) rencananya akan dibedah kembali, setelah itu progress-nya akan terlihat pada satu atau dua pekan mendatang," kata dia.

Konsep 'Smart City ini, diyakini Airin bermanfaat betul bagi Pemkot Tangsel. Salah satunya, seperti pengembangan traffic management, sebagai pengatur lalu lintas agar kemacetan di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini bakal teratasi.

"Proses pelaksanaannya, Pemkot Tangsel akan menjadi fasilitator. Karena nantinya akan kita hadirkan pula perusahaan swasta untuk investasinya," tandasnya.(AZ)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep Smart City Di Tangsel Mendekati Kenyataan"

Post a Comment