Kemarau, Mobil Pengolah Air Bersih Diterjunkan

Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel akan terjunkan mobil pengolah air bersih (Water Treatment). Mobil sengaja didatangkan dari BPBD Provinsi Banten atasi kekeringan di Kecamatan Setu.

Kabid Logistik, BPBD Tangsel Bambang menguraikan akan lakukan uji coba pengolahan air dengan mobil khusus. Beberapa hari lalu sudah menerjunkan tim untuk menguji, hanya saja medan pengambilan air sulit sehingga belum dapat dilakukan.

"Kami sedang mencari lokasi pengambilan air dari Sungai Cisadane agar langsung dapat diolah. Memang beberapa hari lalu, kami terjun kelapangan hanya saja distribusi air ke mobil terkendala," katanya.

Ujicoba pengolahan air akan difokuskan pada perumahan Citra Prima, Setu. Menurut ia, kapasita pengolahan air per tiga jam mampu menghasilkan empat ribu liter dengan hasil air bersih siap pakai cuci dan mandi. Maka perhari mampu menghasilkan sebanyak 12 ribu liter.

"Kami pun telah menyiapkan portabel tangki berkapasitas lima belas ribu liter yang telah di tempatkan pada satu titik lokasi kekeringan. Portabel itu milik BPBD," tambahnya.

Kepala BPBD Tangsel Uci Sanusi, mengutarakan penggunaan mobil sampai pada pemenuhan kebutuhan air dibutuhkan. Kendati di Pesona Serpong saat ini akan dibangun sumur bor, pihaknya akan tetap menyuplai air jika memang hal itu dibutuhkan masyarakat.

"Pada prinsipnya selama kekeringan masyarakat akan tetap mendapatkan pasokan air. Usaha akan kami lakukan, mulai kerjasama dengan PDAM, menerjunkan mobil pengolahan air bersih sampai pada kordinasi pembangunan sumur bor," papar Uci.

Jika nanti dalam pengerjaan sumur bor memakan waktu lama, BPBD memiliki kewajiban lakukan suplay air bersih, baik melalui PDAM atau menggunakam mobil pengolahan air bersih. Ia berharap kekeringan taka akan berlangsung lama dan cepat berlalu.

"Semoga saja hal ini akan cepat usai sehingga masyaralat akan dapat kembali normal tidak kesulitan soal air bersih," tambahnya.(AZ)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemarau, Mobil Pengolah Air Bersih Diterjunkan"

Post a Comment