Serap Aspirasi Warga Pemkab Tangerang Gelar Saba Desa


Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat desa, pemerintah Kabupaten Tangerang mengadakan kegiatan saba desa. Wakil Bupati Tangerang, Hermansyah membuka secara resmi kegiatan saba desa perdana tersebut. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Dan Pemerintahan Desa (BPMPPD) Kabupaten Tangerang, Banteng Indarto, yang juga sebagai ketua panitia dalam kegiatan tersebut, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan melalui kunjungan kerja yang pelaksanaannya dipusatkan di salah satu desa. 

Untuk wilayah I, dipilih Desa Kemuning, yang terpilih berdasarkan rapat koordinasi dengan para camat. Selain sebagai ajang forum silaturahmi antara pimpinan pemerintahan dan pimpinan organisasi di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, kata Banten, kegiatan saba desa ini dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung kondisi wilayah dan seluruh permasalahan terkait urusan penyelenggaraan pemerintahan yang terjadi.

Camat Legok, Dadan Gandana menjelaskan, Desa Kemuning merupakan perpaduan kawasan perkotaan dan pedesaan. Di desa ini terdapat kawasan industri dan pertanian. Dari hasil pajak bumi dan bangunan telah mencapai 100 persen, pemasukan pendapatan hingga akhir Bulan September telah mencapai 110 persen. 

"Saya harap hingga bulan Oktober nanti akan mencapai 120 persen dan kearipan lokal," ucapnya.

Ditambahkannya, wilayah pedesaan ini akan menjadi wilayah perkotaan, dengan luas 5,4 hektar dan hibah dari Desa Caringin untuk menjadi Alun-alun atau hutan kota seperti di BSD Serpong, untuk menjadi sarana masyarakat sebagai ajang silaturahim pemerintah dengan warganya

Wakil Bupati Tangerang Hermansyah menambahkan, desa memiliki peran penting dalam proses pembangunan nasional. Desa merupakan garda terdepan dalam memberikan sumbangsih yang besar dalam menciptakan stabilitas nasional yang dapat dirasakan hingga saat ini. Masyarakat di sektor pedesaan saat ini sering dihadapkan dengan berbagai persoalan ekonomi serta permasalahan kehidupan sosial lainnya.

Kegiatan saba desa ini, lanjut Hermansyah, merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah dalam menangani berbagai persoalan yang dialami oleh masyarakat desa.

"Diharapkan, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyampaikan aspirasi masyarakat desa dan sebagai ajang silaturahmi antar Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada masyarakat desa," paparnya.


® Ateng Sanusih | Ida Rosidah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serap Aspirasi Warga Pemkab Tangerang Gelar Saba Desa"

Post a Comment