Panwas Harus Mampu Cegah Politisasi Guru Di Pilkada

Koordinator forum diskusi guru Pandeglang, Asep Syaiful mengakui, jika dinasti mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah biasa mengunakan guru untuk meraup suara terbanyak dalam prosesi pemilihan umum. Baik itu, pemilihan legislatif maupun Pilkada.

"Iya mereka mengunakan birokrasi pendidikan baik dari level paling bawah hingga atas. Seperti TK (Taman Kanak-kanak) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)," tuturnya saat ditemui di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/11).

Dimana, mereka biasa mengarahkan agar sang guru bisa mendekati orang tua murid agar memilih kandidat yang masih keluarga dengan Atut. "Sebab, di sana (Provinsi Banten) dinasti sangatlah kuat," jelasnya.

Hal yang biasa dilakukannya, lanjut Asep dengan membuat forum-forum guru yang biasanya disisipkan janji-janji politik sang calon.

Sementara itu, Peneliti ICW Almas Sjafrina menuntut agar pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kementerian Aparatur Negara untuk proaktif akan gejala tersebut. "Sebab ini menunjukan tidak akan ada Pilkada yang berintegritas karena tidak mengambarkan prosesi persaingan yang imbang," ungkapnya.

Di Banten ada empat daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak, yaitu Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. 

Dari keempat daerah tersebut, tiga daerah diantaranya memiliki calon yang merupakan keluarga dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yang saat ini sedang mendekam di penjara akibat kasus suap Pemilu Lebak. 

Di Kabupaten Serang, Ratu Tatu Chasanah yang merupakan adik Atut akan maju sebagai calon Bupati didampingi Panji Tirtayasa dan didukung oleh delapan partai yaitu Golkar, PDIP, PKS, PAN, PKB, NasDem, PPP, dan Demokrat.

Sedangkan Airin Rachmi Diany, ipar Ratu Atut atau istri dari Tb. Chaeri Wardana alias Wawan, akan kembali berpasangan dengan Benyamin Davnie untuk maju di Pilkada Kota Tangsel. Pasangan ini didukung oleh enam partai yakni Golkar, PKS, PKB, PAN, NasDem, dan PPP. 


Ada juga menantu Ratu Atut, Tanto Warsono Arban yang merupakan suami dari anak kedua Ratu Atut, Andiara Aprilia Hikmat maju sebagai calon Wakil Bupati Pandeglang yang mendampingi Irna Narulita, anggota DPR dan istri mantan Bupati Pandeglang Dimyati Natakusumah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panwas Harus Mampu Cegah Politisasi Guru Di Pilkada"

Post a Comment