Banten Kembangkan Kawasan Perkebunan Berbasis Komoditas



Dinas Kehutanan dan Perkebunan Banten akan mengembangkan kawasan perkebunan berbasis komoditas di antaranya perkebunan cokelat dan aren.

"Yang sudah kami rancang di Kabupaten Lebak untuk perkebunan aren dan Kabupaten Serang dan Pandeglang untuk perkebunan cokelat," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Maesyaroh Mawardi di Serang, baru-baru ini.

Ia mengatakan dalam pengembangan kawasan perkebunan berbasis komoditas tersebut, Pemerintah Provinsi Banten bekerja sama dengan kabupaten/kota dan sejumlah lembaga lain termasuk Badan Penyuluh Pertanian dan Kehutanan.

Selain itu, pengembangan kawasan tersebut juga akan melibatkan sejumlah SKPD di provinsi dan kabupaten/kota seperti Dinas Perhubungan, Bina Marga, UMKM dan dinas terkait lainnya.      

"Saat ini kami sedang menyusun 'master plant'. Nanti kabupaten/kota yang akan membuat ''action plant'. Kami sudah sepakat dengan kabupaten/kota,"kata Maesyaroh.

Ia mengatakan, sebagai permulaan saat ini sudah disusun master plant untuk pengembangan kawasan perkebunan tersebut sekitar 15 hektare.

"Mungkin kita akan mulai pada 2017 mendatang, karena pada 2016 baru akan kita lakukan 'public hearing'. Kemudian membantuk tim teknis yang melibatkan semua pihak terkait,"kata Maesyaroh.

Menurutnya, pengembangan kawasan perkebunan berbasis komoditas tersebut dalam upaya pemberdayaan usaha perkebunan dan pemberdayaan kelompok tani hutan atau desa yang berada di sekitar kawasan hutan.

"Kita akan inventarisir bidang-bidangnya kemudian melakukan bimbingan teknis serta bantuan permodalan usahanya,"kata Maesyaroh.

Selain itu, kata dia, Dishutbun Banten juag saat ini sudah memiliki desa organik binaan dalam pengembangan pohon aren yang berada di sekitar kawasan hutan konservasi yakni di Desa Ciherang, Desa Cihara dan Desa Sobang Kabupaten Lebak.

Menurutnya, tiga desa organik tersebut merupakan bagian dari 1000 desa organik yang dicanangkan pemerintah pusat melalui 'nawa cita'. Sebanyak 150 desa organik diantaranya dalam bidang perkabunan seperti yang dikembangkan tiga desa di Kabupaten Lebak.

"Sebenarnya di Banten masih ada satu lagi yakni kelapa dalam di Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. Namun yang kami usulkan ke pusat baru tiga desa,"katanya.


  • Ateng Sanusih | Ida Rosidah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banten Kembangkan Kawasan Perkebunan Berbasis Komoditas"

Post a Comment