Lokalisasi Dadap Bakal Ditertibkan


Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan penggusuran lokalisasi Dadap, Kosambi, akan selesai pada 2016. Sebagai gantinya, di bekas lokalisasi tersebut akan dibangun masjid raya dan Islamic Center.

Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Forkominda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) menggelar rapat koordinasi membahas isu-isu seperti antisipasi bencana banjir, kesiapan pengamanan dan keamaan menghadapi Natal serta Tahun Baru 2016, dan yang tak kalah penting adalah rencana penertiban bangunan lokalisasi Dadap Kosambi. Rabu, (2/12).


Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, meminta masyarakat turut serta membantu pemerintah, agar proses penertiban bangunan lokalisasi prostitusi dikota berjuluk seribu industri khususnya di wilayah Dadap Kosambi itu bisa cepat terlaksana dan berjalan lancar setidaknya di tahun 2016 sudah selesai dilakukan pembersihan. Zaki meminta kepada semua elemen harus di libatkan dalam prosesnya nanti, jangan sampai terjadi reaksi dari penghuni lokalisasi tersebut. Dan kepada semua pihak terkait diharapkan melakukan sosialisasi terlebih dahulu sehingga penghuni lokalisasi tersebut bisa mengetahui dengan jelas.

Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan penggusuran lokalisasi Dadap, Kosambi, akan selesai pada 2016. Sebagai gantinya, di bekas lokalisasi tersebut akan dibangun masjid raya dan Islamic Center

“Salah satu pertimbangannya untuk mengubah mental masyarakat dan image daerah tersebut, masjid raya dan Islamic Center tersebut dibangun untuk kebutuhan utama sarana keagamaan masyarakat,” ujar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ketika memimpin rapat koordinasi dengan Forkominda di Gedung Pendopo Bupati Tangerang.

Zaki menambahkan, di awal musim penghujan ini kepada SKPD terkait diharapkan segera menyiapkan segala sesuatunya agar ketika bencana banjir datang masyarakat bisa langsung dibantu dan ditangani dengan cepat dan tepat, sehingga mereka tidak mengalami kesusahan. 

Terutama kepada Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) segera siapkan peralatan pendukung dan Dinas Kesehatan diharapakan segera tanggap sehingga masyarakat yang terkena musibah banjir tidak terserang berbagai macam penyakit wabah penyakit.

Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, penertiban lokalisasi Dadap merupakan bagian dari rencana besar pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam menata pesisir utara Tangerang kami sangat mengapresiasi sekali tindakan Pemerintah Kabupaten Tangerang tersebut, kami akan mendukung penuh usaha tersebut. Masalah lokalisasi ini merupakan bukan masalah pemerintah kabupaten Tangerang saja tetapi juga masalah yang dihadapi setiap daerah lain bahkan masalah negara.

“Penertiban lokalisasi tersebut memang bukan hal kecil dan mudah perlu penanganan yang komperhensif kita tidak bisa langsung tertibkan begitu saja, kita perlu fikirkan dampak dari penertiban tersebut, karena pasti banyak terjadi resistensi dari berbagi pihak terutama yang memiliki kepentingan,” tutur Irman.

Kaitan dalam rangka keamanan dan kenyamanan wilayah Kabupaten Tangerang pada saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2016 Irman menambahkan, pihak kepolisain siap mengawal dan melakukan pengamanan hari besar tersebut, pihak kepolisian sendiri akan menyebar di beberpa titik dan lokasi yang mengalami kerawanan bahkan kami akan membuka beberapa pos polisi di beberapa titik kemacetan terutama pada saat malam pergantian tahun.

Sementara itu Firdaus selaku Kepala Kejaksaan Negeri Tigaraksa mengungkapkan, Keputusan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang akan menertibkan lokalisasi Dadap yang ada di Kecamatan Kosambi perlu didukung. 

“Saya berharap kita jangan terburu-buru dan gegabah dalam melakukan tindakan penertiban kita harus menyiapkan kekuatan yang besar kita perlu libatkan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial. Jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan, karena karakteristik masyarakat wilayah pesisir pantai lebih temperamental jangan sampai baru di sosialisasikan mereka sudah melakukan perlawanan yang berlebihan yang menyulitkan proses penertibannya,” tegasnya.

  • Ida Rosidah | Ateng Sanusih


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lokalisasi Dadap Bakal Ditertibkan"

Post a Comment