Asset Pasar Tangsel Bertambah


Sekarang pasar yang menjadi aset Pemkot Tangsel bertambah menjadi enam. Setelah ada penyerahan aset Pasar Kita di Pamulang ke Pemkot Tangsel

TANGERANG SELATAN – Jumlah  pasar di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menjadi aset milik daerah bertambah. Ini setelah perusahaan swasta PT Pahala Alam Progres menyerahkan aset Pasar Kita di Pamulang ke pemerintah daerah setempat.
Ada lima pasar milik Pemkot Tangsel yang pada awal tahun ini baru diserahkan Pemkab Tangerang. Antara lain Pasar Ciputat, Pasar Jombang dan Pasar Cimanggis di Kecamatan Ciputat, Pasar Serpong di Kecamatan Serpong, Pasar Hijau Bintaro di Pondok Aren.
"Sekarang pasar yang menjadi aset Pemkot Tangsel bertambah menjadi enam. Setelah ada penyerahan aset Pasar Kita di Pamulang ke Pemkot Tangsel," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Muhamad.
Meski begitu, diakuinya Pemkot Tangsel tidak dapat mengelola keseluruhan aset Pasar Kita. Berdasarkan perjanjian, Pemkot Tangsel melalui Disperindag hanya akan mengelola beberapa lapak dan lahan parkir saja.
"Tidak diserahkan semuanya, tapi sebagian lahan dan bangunan dari aset pasar itu yang diserahkan," jelasnya
Ia menjelaskan, yang diserahkan oleh pengelola Pasar Kita kepada Disperindag Tangsel yakni berupa sebagian sarana dan utilitas di dalamnya. Sarana itu di antaranya, lahan seluas 11.199 meter persegi terdiri dari lapak, selasar, lahan parkir, musala, dan lain sejumlah sarana lain.
"Sedangkan untuk utilitas yang diserahkan ke Pemkot Tangsel berupa boks papan iklan, reklame, blower, alat pemadam api ringan dan satu genset," tandasnya.
Kepala Seksi Data dan Analisa Pasar pada Disperindag Kota Tansel, Edwin Qodrianto menambahkan dengan diberikannya Pasar Kita ke Pemkot Tangsel maka potensi pendapatan daerah dari retribusi pasar bertambah.
Kendati begitu, pendapatan itu belum bisa dirasakan tahun ini.
"Sekarang sampai Desember masih pendampingan dari pengelola pasar ke Pemkot Tangsel. Nanti pada 2017 baru kita yang mengelola secara penuh," tandasnya.
  • Ateng Sanusih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asset Pasar Tangsel Bertambah"

Post a Comment