Ratusan Calon Haji Tangsel Ikuti Pemeriksaan Kesehatan



 
Sebanyak 300  jamaah calon haji asal Kota Tangsel mengikuti pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kali ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, jamaah calon haji ini melakukan pemeriksaan tahap pertama di Puskesmas setempat sesuai domisili  jamaah. Kemudian, pemeriksaan kesehatan haji bertahap hingga tiga hari sejak Selasa, Rabu hingga Kamis kemarin
TangerangSatu.com KOTA TANGSEL – Kesehatan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan ibadah haji. Hampir seluruh rangkaian ibadah memerlukan fisik yang prima seperti towaf, sa'i, jumroh, dan sebagainya.
Sementara pada sisi lain jumlah jama'ah haji yang berkumpul dari seluruh penjuru dunia membuat suasana padat berdesak-desakan ditambah cuaca yang berbeda dengan tanah air, semua menuntut kondisi fisik yang sehat.
0leh karena itu masalah kesehatan jamaah calon haji menjadi perhatian Pemerintah pada setiap tingkatan. Penyelenggaraan kesehatan haji bertujuan untuk memberi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jamaah calon haji, sehingga jamaah dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan.
Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan upaya-upaya peningkatan kondisi kesehatan sebelum berangkat, menjaga kondisi sehat selama menunaikan ibadah haji sampai kembali ke Indonesia, serta mencegah transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar/masuk oleh jamaah haji.
Upaya pertama meningkatkan kondisi kesehatan sebelum berangkat yang harus ditempuh adalah pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan merupakan upaya identifikasi status kesehatan sebagai landasan karakteristik, prediksi dan penentuan cara eliminasi faktor resiko kesehatan. Dengan demikian, jenis pemeriksaan dan prosedur mesti ditatalaksana secara holistik.
Untuk jamaah calon haji di Kota Tangerang Selatan mulai diperiksa kesehatannya pada hari Selasa, 19 juli 2016 di RS IMC Jombang, Ciputat.  Di hari itu, sebanyak 300  jamaah calon haji asal Kota Tangsel mengikuti pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kali ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, jamaah calon haji ini melakukan pemeriksaan tahap pertama di Puskesmas setempat sesuai domisili  jamaah. Kemudian, pemeriksaan kesehatan haji bertahap hingga tiga hari sejak Selasa, Rabu hingga Kamis kemarin.
Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dr. Tulus Muladiyono mengatakan, pemeriksaan di rumah sakit berupa tes fisik, laboratorium, urine, vaksinasi meningitis dan legalisasi buku kesehatan jamaah Haji (BKJH). "Pemeriksaan kita lakukan bertahap selama tiga hari," ungkapnya.
Kata dia, selama tiga hari dilaksanakan pemeriksaan kesehatan akan diikuti 750 calon jamaah haji dari KUA dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Selama tiga hari pemeriksaan kesehatan dilakukan bertahap sejak Selasa (19/7) hingga Kamis (21/7).
"Kita siapkan 10 dokter umum untuk pemeriksaan  jemaah calon haji," ujarnya.
Ditambahkan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel dr. Adhy Purnawan, calon jamaah haji didominasi berusia di atas 50 tahun yang mempunyai resiko kesehatan yang cukup tinggi. Di antaranya, penyakit hipertensi, diabetes dan jantung. "Bagi wanita hamil tidak diperbolehkan suntik meningitis. Makanya, dalam kondisi itu tidak diperbolehkan berangkat haji," katanya.
Sedangkan, untuk pemberangkatan kloter pertama adalah Kota Tangsel atau kloter 5 akan diberangkatkan pada 10 Agustus mendatang. Dinas Kesehatan menyiapkan empat petugas kesehatan untuk mendampingi calon jamaah haji selama di tanah suci. "Kita juga berikan pembinaan kepada calon jamaah haji yang memiliki penyakit resiko tinggi di puskesmas," terangnya.
Sementara, salah seorang calon jamaah haji Bambang Widiantoro mengaku hasil tes kesehatan yang diterimanya tanpa ada masalah. Ia mengaku diberikan vitamin untuk ketahanan tubuh. Sebab faktor cuaca di Arab Saudi selama proses haji sangat berpengaruh terhadap kondisi badannya. "Sejauh ini alhamdulilah hasil kesehatan bagus. Saya tidak mempunyai penyakit resiko tinggi," pungkasnya.

  • Ida Rosidah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Calon Haji Tangsel Ikuti Pemeriksaan Kesehatan "

Post a Comment