Kurangi Angka Pengangguran, Gelar Job Matching


Bupati Pandeglang, Irna Narulita membuka job matching

TangerangSatu.com PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menggelar job matching sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di daerah itu yang relatif masih tinggi.
"Saya harapkan kegiatan ini bisa dilaksankana setiap tahun, sehingga angka pengangguran di Pandeglang bisa terus berkurang," kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita usai membuka "job matching" yang digelar di Gedung Graha Pancasila Pandeglang baru-baru ini.
Ia mengakui angka pengangguran di Pandeglang relatif masih tinggi, yakni mencapai 39 ribu jiwa, sehingga perlu langkah kongkret untuk mengatasinya.
Ia juga mengatakan untuk mengurai "benang kusut" itu sulit, karena salah satunya terkait dengan pengangguran di Pandeglang.
"Namun demikian dengan berbagai upaya yang kita lakukan, di antaranya 'job matching' ini, saya optimistis angka pengangguran di Pandeglang akan terus berkurang," ujarnya.
Irna juga menyatakan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah dengan para pengusaha, terutama terkait dengan kebutuhan tenaga kerja yang mereka (pengusaha) butuhkan.
"Kalau kita mengetahui kebutuhan perusahaan/pengusaha, maka bisa membantu fasilitasi warga yang sesuai dengan yang dibutuhkan itu," ujarnya.
Ketua panitia pelaksana "job matching" Ahmad Rajei mengatakan kegiatan itu diikuti dan didukung 40 perusahaan, dengan peserta dari lulusan seluruh SMA/sederajat di Pandeglang.
"Target kami sebanyak 8.000 orang peserta baik SMK maupun sederajat, dan nanti akan dilakukan tes tulis langsung oleh pihak perusahaan," ujarnya.
Rajei juga berharap, akan banyak peserta yang bisa langsung diterima bekerja di perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

  • Ateng Sanusih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurangi Angka Pengangguran, Gelar Job Matching"

Post a Comment