KPU Launching Pilgub Banten, Rano Ikut Jalan Sehat


Gubernur Banten, Rano Karno turut serta dalam gerak jalan sehat launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 yang dipusatkan di Alun-alun Kota Serang, Rabu pagi 3 Agustus 2016.
TangerangSatu.com SERANG – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Banten resmi di-launching, Rabu pagi 3 Agustus 2016 di Alun-alun Kota Serang. Launching itu ditandai dengan penekanan tombol sirene bersama oleh 5 komisioner KPU Banten, Komisioner KPU RI Arif Budiman dan Gubernur Banten Rano Karno. Turut menyaksikan Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Bawaslu Banten, pimpinan partai politik serta komisioner KPU dan anggota PPK kabupaten dan kota se-Banten. Acara launching tersebut diawali dengan jalan sehat bersama gubernur, Kapolda dan seluruh anggota KPU kabupaten/kota, anggota PPK se-Banten serta masyarakat.
Dalam sambutannya, Ketua KPU Banten Agus Supriatna mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai tahapan penyelenggaraan Pilgub Banten.
“Tahapan sudah kita laksanakan sebelum launching, seperti pembentukan PPK dan PPS yang sekarang sudah dilantik, termasuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),” ujar Agus.
Dikatakan, Pilgub Banten akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017. Pihaknya menekankan agar pelaksanaannya didukung semua elemen masyarakat. Sehingga proses demokrasi di Banten dapat terwujud sesuai harapan bersama.  
“Terima kasih kepada semua pihak dan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mari kita sukseskan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017,” ujar Agus.
 
Gubernur Banten Rano Karno bersama Sekretaris KPU Kota Tangerang Ginanjar Taufiq saat pelaksanaan launching Pilgub Banten 2017.
Secara bersamaan, KPU Banten juga me-launching jingle dan Maskot Pilgub Banten 2017. Maskot yang menyerupai menara Masjid Banten itu dinamai Banlih (Banten memilih). Sementara itu Gubernur Banten, Rano Karno mengajak seluruh elemen masyarakat Banten untuk menyukseskan pelaksanaan Pilgub Banten yang bakal dihelat pada 15 Februari 2017 dengan menjaga kondusivitas serta kebersamaan.
Dalam sambutannya Rano Karno mengatakan, berkaca dari pengalaman Pilkada serentak di empat daerah pada 2015 lalu di Banten berjalan dengan aman dan lancar, maka pelaksanaan Pilgub Banten pada 2017 mendatang juga harus tetap berjalan dengan sukes.
"Dalam pemilu, kemajemukan pandangan dan pilihan adalah perihal yang lumrah. Pemilu harus dipahami sebagai ruang kontestasi kebaikan, bukan ajang untuk saling memburuk-burukan," kata Rano Karno pada
Ia mengatakan, kebencian terhadap sesuatu, seseorang, ataupun suatu kaum, telah diisyaratkan dalam Alquran merupakan pintu bagi rusaknya kadilan. Obyektivitas akan hilang karena itikad buruk bisa mengelabui kejernihan hati dalam menegakkan kebenaran.
"Jangan sampai setitik dengki dan hasad di dalam benak meluluhlantakkan persaudaraan di antara sesama hanya karena kepentingan sesaat. Jangan sekali-kali mengorbankan kepentingan khalayak dengan membiarkan kebencian itu tumbuh di kedalaman hati kita," kata Rano Karno di hadapan sekira 1.200 peserta yang hadir dari kalangan penyelenggara pemilu dan masyarakat.
Menurur Rano, Banten adalah wilayah yang memiliki keberagaman yang berlangsung sejak lama. Masyarakat Banten sudah terbiasa merayakan kemajemukan itu dengan penuh rasa syukur.
"Cara-cara yang tidak patut sudah sejak lama harus ditanggalkan, karena keadaban sebagai manusia kerap kali diukur oleh sejauh mana kita masih mampu menegakkan akhlaq mulia dengan mereka yang tak sepandang," katanya.
Pada akhirnya, kata dia, persaudaraan adalah di atas segala-galanya serta kecintaan kepada daerah Banten harus jauh lebih mendalam dan lebih penting dibanding dengan lainnya.
"Mari rayakan kemajemukan itu dengan gegap gempita. Dengan cinta, bukan dengan kebencian. Dengan tasamuh dan toleransi, bukan dengan rasa takut yang mencekam," kata Rano Karno.
  • Ateng Sanusih/Ida Rosidah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KPU Launching Pilgub Banten, Rano Ikut Jalan Sehat"

Post a Comment