Jelang Pilkada, Pemkot Tangsel Ekspos Rencana Perluasan TPA Cipeucang

Persoalan pelik terkait penanganan sampah di Kota Tangerang Selatan nampaknya akan segera teratasi. Hal itu menyusul rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel yang akan segera memperluas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang tahun 2015.

Rencana perluasan lahan TPA Cipeucang itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Tangsel, Muhammad Taher Rahmadi. Menurutnya, dengan diperluasnya lahan di landfill 2 maka tumpukan sampah yang saat ini menggunung akan dapat diurai.

"Saat ini sedang dibangun landfill 2, kapasitasnya bisa menampung sampah sampai 6 tahun ke depan," kata Rahmadi kepada wartawan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel, Muhammad, Membenarkan jika perluasan TPA Cipeucang akan terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan lapangan. "Jika dibutuhkan akan kembali diluaskan lahan TPA itu. Kita tunggu hasil pemetaan dinas terkait di lapangan," kata Muhammad.

Saat ini TPA Cipeucang memiliki luas lahan 5,6 hektare dengan menampung 150 ton sampah per hari. Pemkot Tangsel sendiri berencana memperluas 5 hektare lagi tahun ini sehingga total luas TPA Cipeucang mencapai 10,6 hektar.

Pemkot Tangsel sebenarnya sudah memiliki masterplan untuk TPA Cipeucang. Namun karena terkendala pembebasan lahan, proses itu masih harus menunggu negosiasi. "Saat ini masih proses pembebasan lahan. Sekarang sudah ada sekitar 1,5 hektare lahan baru yang sudah dibebaskan, dan akan dijadikan lokasi landfill 2," kata Kepala UPT TPA Cipeucang, Tedi Krisna.

Menurut Tedi, jika pembenahan calon lokasi landfill 2 ini nantinya selesai, ,aka sampah yang menumpuk di landfill 1 nanti bisa dipindahkan ke lokasi yang baru

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Pilkada, Pemkot Tangsel Ekspos Rencana Perluasan TPA Cipeucang"

Post a Comment