- Ateng Sanusih | Ida Rosidah
Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini Bagian Organisasi menggelar Sosialisasi Bimtek Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (sinovik) yang dilaksanakan di Aula Padang Golf Modernland. Kamis, (28/1).
Sistem Informasi Inovasi
pelayanan publik ini sangat penting kerena memiliki banyak manfaat
terutama dalam bidang pelayanan publik.
Deputi Bidang Pelayanan
Publik Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI
Mirawati Sudjono selaku narasumber mengatakan dalam paparannya,
Pelayanan publik bukan hanya kepada masyarakat saja tetapi juga untuk
internal pemerintah masing-masing jadi inovasi itu bisa banyak macamnya.
Inovasi itu tidak harus bersentuhan dengan teknologi
“Kabupaten Tangerang jadi
satu-satunya dearah tingkat II yang saya berikan sosialisasi secara
langsung, biasanya saya hanya memberikan sosialisasi kepada provinsi saja,
tapi untuk Kabupaten Tangerang saya sendiri yang langsung memberikan sosialisasi
Sinovik ini,” ungkapnya.
Mira Sudjono menambahkan,
inovasi pelayanan publik itu macam-macam, semua bisa paham apa itu
yang dimaksud dengan inovasi, tapi tidak semua bisa berinovasi tanpa
didorong rasa keinginan yang kuat untuk berinovasi. Jadi harus memahami apa
itu inovasi, pemerintah mendesain dan berinovasi salah satunya adalah
Reformasi Birokrasi,
“Kami harapkan para
Aparatur Sipil Negara yang
tadinyan dilayani sekarang melayani, tadinya berorientasi proses menjadi
orientasi outcome, yang semula menunggu saat ini harus menjemput, Yang
tadinya rumit dibuat sederhana, semula berpikir Koruptif menjadi
berfikir bersih, serta yang tadinya tidak kompeten sekarng harus memiliki
kompetensi, serta harus transparan dan memberikan akses mudah kepada
masyarakat,” ujar Mira.
Wakil Bupati Tangerang Hermasyah
mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang sendiri sudah melakukan berbagai
inovasi pelayanan publik yang menyentuh langsung kepada kebutuhan
masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian pelaksanaan program
unggulan Pemerintah Kabupaten Tangerang seperti Program Kartu Sehat, Kartu
Pintar, Sistem pelayanan Unit Gawat Darurat secara online, Gebrak PAKUMIS,
Program Sanisek, system Dashboard SKPD, hingga system e-Reporting yang
beberapa waktu lalu baru saja kita launching bersama-sama. Dan
syukur Alhamdulillah program tersebut hingga saat ini masih terus berjalan
dan akan terus kita tingkatkan secara berkesinambungan.
“Dengan terselenggaranya
kegiatan ini, dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada kita semua
selaku aparatur sipil negara dalam melakukan inovasi pelayanan publik
khususnya kepada masyarakat Kabupaten Tangerang. Sehingga harapan
pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam visi dan misi
Kabupaten Tangerang yaitu, mewujudkan masyarakat yang cerdas, makmur,
religius, dan berwawasan lingkungan dapat tercapai sesuai dengan harapan
kita semua. Harapan yang sangat besar kepada para pejabat Pemkab Tangerang
adalah apapun yang kita lakukan semuanya harus bermuara pada suatu kebijakan
yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Wakil
Bupati, Hermansyah.
Sementara itu Kepala
Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tangerang Nurul Hayati mengatakan,
sosialisasi ini dikuti oleh 200 peserta yang berasal dari Kepala SKPD,
camat, beserta lurah. Sosialisasi Bimbtek sistem informasi inovasi
pelayanan publik (sinovik) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahun dan
pemahaman serta memotivasi unit layanan dalam membuat inovasi dalam
pelayanan publik di Kabupaten Tangerang serta mendorong pelayanan publik lebih
baik.(***)
0 Response to "200 PEJABAT PEMKAB TANGERANG DIAJAK MELEK INOVASI PELAYANAN PUBLIK"
Post a Comment