200 PEJABAT PEMKAB TANGERANG DIAJAK MELEK INOVASI PELAYANAN PUBLIK

  • Ateng Sanusih | Ida Rosidah




Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini Bagian Organisasi menggelar Sosialisasi Bimtek Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (sinovik) yang dilaksanakan di Aula Padang Golf Modernland. Kamis, (28/1).


Sistem Informasi Inovasi pelayanan publik ini sangat penting kerena memiliki banyak manfaat terutama dalam bidang pelayanan publik.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Mirawati Sudjono selaku narasumber mengatakan dalam paparannya, Pelayanan publik bukan hanya kepada masyarakat saja tetapi juga untuk internal pemerintah masing-masing jadi inovasi itu bisa banyak macamnya. Inovasi itu tidak harus bersentuhan dengan teknologi

“Kabupaten Tangerang jadi satu-satunya dearah tingkat II yang saya berikan sosialisasi secara langsung, biasanya saya hanya memberikan sosialisasi kepada provinsi saja, tapi untuk Kabupaten Tangerang saya sendiri yang langsung memberikan sosialisasi Sinovik ini,” ungkapnya.

Mira Sudjono menambahkan, inovasi pelayanan publik itu macam-macam, semua bisa paham apa itu yang dimaksud dengan inovasi, tapi tidak semua bisa berinovasi tanpa didorong rasa keinginan yang kuat untuk berinovasi. Jadi harus memahami apa itu inovasi, pemerintah mendesain dan berinovasi salah satunya adalah Reformasi Birokrasi,

“Kami harapkan para Aparatur Sipil Negara yang tadinyan dilayani sekarang melayani, tadinya berorientasi proses menjadi orientasi outcome, yang semula menunggu saat ini harus menjemput, Yang tadinya rumit dibuat sederhana, semula berpikir Koruptif menjadi berfikir bersih, serta yang tadinya tidak kompeten sekarng harus memiliki kompetensi, serta harus transparan dan memberikan akses mudah kepada masyarakat,” ujar Mira.

Wakil Bupati Tangerang Hermasyah mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang sendiri sudah melakukan berbagai inovasi pelayanan publik yang menyentuh langsung kepada kebutuhan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian pelaksanaan program unggulan Pemerintah Kabupaten Tangerang seperti Program Kartu Sehat, Kartu Pintar, Sistem pelayanan Unit Gawat Darurat secara online, Gebrak PAKUMIS, Program Sanisek, system Dashboard SKPD, hingga system e-Reporting yang beberapa waktu lalu baru saja kita launching bersama-sama. Dan syukur Alhamdulillah program tersebut hingga saat ini masih terus berjalan dan akan terus kita tingkatkan secara berkesinambungan.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada kita semua selaku aparatur sipil negara dalam melakukan inovasi pelayanan publik khususnya kepada masyarakat Kabupaten Tangerang. Sehingga harapan pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Tangerang yaitu, mewujudkan masyarakat yang cerdas, makmur, religius, dan berwawasan lingkungan dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua. Harapan yang sangat besar kepada para pejabat Pemkab Tangerang adalah apapun yang kita lakukan semuanya harus bermuara pada suatu kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Wakil Bupati, Hermansyah.

Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tangerang Nurul Hayati mengatakan, sosialisasi ini dikuti oleh 200 peserta yang berasal dari Kepala SKPD, camat, beserta lurah. Sosialisasi Bimbtek sistem informasi inovasi pelayanan publik (sinovik) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahun dan pemahaman serta memotivasi unit layanan dalam membuat inovasi dalam pelayanan publik di Kabupaten Tangerang serta mendorong pelayanan publik lebih baik.(***)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "200 PEJABAT PEMKAB TANGERANG DIAJAK MELEK INOVASI PELAYANAN PUBLIK"

Post a Comment