GUBERNUR MINTA WARGA BANTEN TERIMA EKS ANGGOTA GAFATAR

  • Ateng Sanusih | Ida Rosidah


Gubernur Banten, Rano Karno mengimbau warga agar bisa menerima kembali eks anggota Gafatar yang telah dipulangkan dari Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Sabtu 23 Januari 2016.

Peran masyarakat dalam menerima eks anggota Gafatar tersebut sangat penting, agar mereka tidak kembali ke organisasi radikal tersebut.

"Kita harus terima, anggaplah mereka mungkin sudah salah jalan, kita benahi, kita arahkan, dan kita harus memberikan kesempatan kepada mereka," katanya baru-baru ini.

Rencananya, hari ini eks anggota Gafatar tersebut akan dipulangkan kembali ke keluarganya hari ini. Mereka berasal dari Kabupaten Lebak.

Selain itu, Rano juga mengakui bila sebanyak 24 warga Banten baru saja kembali dari Syuriah. "Ini tentu menjadi tugas kita untuk menangkal gerakan radikalisme," tegasnya.

Diketahui, ratusan eks anggota Gafatar pada Sabtu 23 Januari 2016 kemarin, dipulangkan dari Kalimantan Barat menggunakan pesawat carter Lion Air melalui Bandara Soetta. 

Ratusan orang tersebut kemudian dibawa ke Rumah Perlindungan Trauma Center di Bambu Apus, Jakarta Timur, dan Panti Sosial Bina Insan Cipayung milik Kementerian Sosial (Kemensos) sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.  

Dari ratusan anggota Gafatar yang dipulangkan tersebut, mereka berasal dari sejumlah daerah, seperti Banten, DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. (***)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GUBERNUR MINTA WARGA BANTEN TERIMA EKS ANGGOTA GAFATAR"

Post a Comment