Makanan Berpengawet Disita Petugas




TangerangSatu.com KOTA SERANG – Pacar cina matang dan terasi di sejumlah toko di Pasar Lama, Kota Serang disita Badan Penyuluhan Ketahanan Pangan (BPKP). Penyitaan dilakukan lantaran barang tersebut diduga mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin B.
Hal itu terungkap usai petugas gabungan dari BPOM Kota Serang, BPKP Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kota Serang dan juga Disperindagkop Kota Serang menggelar sidak di sejumlah toko-toko yang ada di Pasar Lama , Kota Serang.
“Kami menyita makanan ini lantaran mengandung bahan berbahaya yaitu Rhodamin B. Dari sejumlah makanan dan minuman yang kami sidak. Ada dua makanan ini yang positif mengandung bahan berbahaya,” kata Lim Elfiza, Kabid Keamanan Pangan BPKP Provinsi Banten.
Elfiza menjelaskan Zat Rhodamin B yang terkandung pada makanan tersebut sangat berbahaya. Sebab bahan tersebut biasa digunakan untuk pewarna tekstil. Sementara bahan ini digunakan untuk makanan. Jadi terpaksa kami sita untuk diuji lagi.
“Untuk itu kami sita makanan ini sebab mengandung bahan berbahaya, meski demikian kami tidak memberikan sangsi pada para penjual makanan dan minuman. Kami hanya memberi peringatan saja agar mereka tak menjual makanan dan minuman yang mengandung bahan tersebut. Namun ke depan kami berikan pembinaan pada para penjual tersebut,” ucapnya.
Elfiza menambahkan barang yang kami sita sebagai sampel di antaranya pacar cina matang dan mentah, tahu kuning, tahu goreng, tahu putih, cumi asin, kolang kaling, terasi, cincau, cendol, usus ayam, pempek, otak-otak hingga tahu bulat.
“Sejumlah makanan tersebut masih negatif. Tidak menggunakan bahan formalin. Nanti kami uji lagi di lab,” katanya.

  • Ateng Sanusih/Ida Rosidah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Berpengawet Disita Petugas"

Post a Comment