Ramadhan, Gepeng Dirazia

Satpol PP Kota Cileagon merazia para Gepeng


TangerangSatu.com KOTA CILEGON – Sebanyak 35 gelandangan dan pengemis atau Gepeng diamankan tim gabungan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon. Rencananya, puluhan gepeng itu akan dibina di Panti Rehabilitasi Terpadu, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber.
Razia gepeng yang digelar disepanjang jalur protokol Kota Cilegon dari mulai Pondok Indah Cilegon (PCI) hingga Simpang Empat Administrasi Building (ADB). Sejumlah gepeng diamankan dibeberapa lokasi berbeda, mereka diamankan tanpa melakukan perlawanan dan pasrah kepada petugas.
Kepala Dinsos Kota Cilegon, Abadiah mengatakan, dari 35 gepeng yang diamankan merupakan pendatang dan bukanlah warga Cilegon. Puluhan gepeng itu akan dibina di Panti Rehabilitasi Terpadu, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber.
"Dari pendataan kami semua gepeng yang kita amankan itu bukanlah warga Cilegon. Mereka semua dari luar daerah," katanya kemarin.
Ditempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (Yanrehsos) Dinsos Kota Cilegon, Muhammad sudaryo mengatakan, biasanya memasuki bulan Ramadhan jumlah gepeng di Kota Cilegon mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
"Tahun lalu, saat memasuki bulan Ramadhan jumlah gelandangan mengalami peningkatan. Untuk itu, kita melakukan razia ini untuk mengantisipasi keberdaan mereka agar tidak berkeliaran," ungkapnya.
Menurut Sudaryo, ke-35 Anjal itu akan dibawa ke Panti Rehabilitasi Terpadu, Kelurahan Cikerai. Selama berada di sana, Anjal akan dibina dan diberikan keterampilan agar tidak mengulangi kegiatannya sekarang.
"Kita akan bina mereka. Jika ada keluarganya yang datang kita akan data, kalau dia bukan warga Cilegon kita akan koordinasi dengan Dinsos daerah asalnya, kemudian kita kembalikan mereka ke tempat asalnya," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Satpol PP Kota Cilegon Endang Sudrajat mengatakan, memasuki bulan Ramadhan ini, pihaknya berkoordinasi dengan Dinsos Kota Cilegon untuk melakukan penertiban gepeng di wilayah Kota Cilegon. Hasilnya, puluhan gepeng dapat diamankan.
"Untuk hari ini fokusnya hanya pada gepeng, sesuai instruksi dari Dinsos," katanya.
Endang mengungkapkan, puluhan gepeng dan beberapa pengamen diamankan sementara waktu oleh pihaknya sebelum diserahkan kepada Dinsos Kota Cilegon untuk ditindaklanjuti. 
"Dinas Sosial yang lebih berwenang dalam hal ini. Kita hanya melakukan pengamanan saja," ucapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramadhan, Gepeng Dirazia"

Post a Comment